Membahas prinsip pembentukan hidrokarbon, migrasi, akumulasi dan alterasi dalam kerangka kerja Sistem Petroleum; Teknik evaluasi batuan induk; Karakter oil dan gas; dan dasar korelasi oil-oil dan oil-source.

Membahas tentang bentukanlahan akibat proses baik non geologi maupun geologi yang ada di muka bumi.

Membahas   tentang asal – usul minyak bumi, batuan reservoir, sejarah geologi minyak, pematangan, migrasi dan akumulasi minyak dan gas bumi, eksplorasi minyak bumi dan perkembangannya, cekungan-cekungan di Indonesia, pemboran minyak, well logging, prospeksi geologi minyak dan gas bumi. Serta aplikasi metode – metode penyelidikan geologi bawah permukaan untuk menentukan prospeksi minyak dan gas bumi.

Mahasiswa  akan dapat menjelaskan tentang petroleum system serta mampu menjelaskan aplikasi metode – metode penyelidikan untuk prospeksi minyak dan gas bumi

Membahas tentang mekanisme dan gaya-gaya yang bekerja pada suatu reservoir hidrokarbon. Sistem kejenuhan pada suatu media porus, perhitungan sifat petrofisika pada batuan reservoir. Perhitungan cadangan hidrokarbon, recovery factor dan secondar recovery. Dasar-dasar pemboran dan wire line untuk evaluasi formasi.

Mahasiswa akan dapat menggunakan konsep dasar dalam penerapan sifat fisik dari suatu reservoir untuk menghitung jumlah cadangan hidrokarbon didalam reservoir

Membahas hubungan proses geologi dengan kelimpahan, penyebaran, dan perpindahan unsur-unsur kimia di dalam  ruang dan waktu.

Setelah  mengikuti  dan  menyelesaikan  mata kuliah  ini, mahasiswa  akan dapat    menjelaskan dan mendiskripsi tentang hubungan kelimpahan dan distribusi unsur kimia tertentu dengan proses geologi yang mengontrolnya.

Membahas   tentang   metode observasi, pengukuran, pengenalan kenampakan khas geologi dan cara membuat laporan lapangan.


Mempelajari asal mula/diagenesis batuan dan sifat optis mineral dalam batuan

Membahas   tentang   batuan sedimen secara lengkap mengenai proses pembentukan, klasifikasi, komposisi, dan ciri fisik batuan sedimen, lingkungan pengendapan batuan sedimen. Pembahasan tentang konsep dasar stratigrafi, macam – macam metode stratigrafi dan korelasi hubungan antar batuan.